Jumat, 10 April 2009

Surfing Dengan Aman di Internet

keamanan selalu menjadi isu utama pada saat surfing.
pertanyaan yang menyangkut keamanan selalu muncul pada saat berinteraksi melalui situs ecommerce. atau masalah lain yg menyangkut privasi kita berinternet.
adanya virus trojan, spam dan lainnya menyebar melalui internet memaksa kita berhati-hati.
caranya adalah sebagai berikut :
  • pada saat hendak melakukan transaksi yg menggunakan nomor kartu kredit, pastikan situs itu tidak error. Error tidaknya dapat kita lihat di pojok kiri bawah browser (kalau pada internet explorer). kalau ada tanda seru di status bar dengan teks done but with errors on page, lebih baik jangan batalkan dulu transaksinya. coba lg dulu.

  • kalau mau lebih aman lagi, pastikan situs e-commerce itu menggunakan teknologi SSL (secure socket layer). teknologi ini menggunakan enskripsi untuk menjamin keamanan. biasanya situs yang menggunkan teknologi ini diawali dengan http://.

  • bisa tidaknya browser menerima cookies turut mempengaruhi keamanan. cookies dapat digunakan untuk mengetahui apa saja kegiatan seorang surfer pada saat ber-internet.

  • menghapus history juga bisa menghapus jejak kita berinternet. terutama surfing di warnet, dimana pc nya dipakai bergantian, rentan dengan masalah privasi. lebih baik tidak bertransaksi dengan menggunakan nomor kartu kredit. bila saja ada orang iseng yang menggunakan software mata-mata yang dapat menangkap penekanan tuts keyboard, nomor kartu kredit, user ID, password, dan berbagai data penting lainnya bisa diketahui orang itu.

  • membuka email yang memiliki attachment berupa file yg bisa dijalanka, seperti file EXE. biasanya file ii mengandung virus lebih baik email seperti ini langsung di hapus, apalagi jika pengirimnya orang yg tidak kita kenal.

  • Menentukan batas maksimal penggunaan kartu kredit bisa mencegah kerugian yg mungkin terjadi apabila nomor kartu kredit sudah terlanjur bocor ke tangan orang lain.

  • menggunakan firewall bisa melindungi sitem dari gangguan. windows xp memiliki built-in firewall yang bisa digunakan. walaupun ada kemungkinan kegagalan dalam tukar menukar file apabila suatu PC berada di belakang firewall.

  • Logout sering di lupakan oleh para surfer. biar cepat, biasanya tanpa di logout, browser langsung di tutup jika PC digunakan beramai-ramai, maka orang berikutnya yg menggunkan PC bisa saja membuka situs yg sama dan menggunakan account pengguna sebelumnya untuk melakukan hal-hal yang merugikan pemilik account. contohnya adalah situs email.

0 komentar:

Posting Komentar

isi comment nya yah...apa aja deh...