Minggu, 10 Mei 2009

Flu Babi / Swine Flu


awal tahun 2009 kita (masyarakat dunia) di hadapkan dengan fenomena baru dalam dunia ke virusan, eh.. maksudnya kesehatan hehe.. setelah Flu Burung kini ada lagi yang namanya Flu Babi.

bagaimana awal cerita soal virus ini sampai dengan keberadaannya sekarang mengundang rasa penasaran saya untuk mengetahuinya walaupun itu hanya “kulit luar”nya saja namun setidaknya saya berharap memiliki gambaran dan pengenalan tentang siapa sebenarnya Flu Babi/swine flu itu…, dan dengan menggunakan ilmu andalan saya yaitu ajian googling search maka sedikit informasi telah saya dapatkan perihal flu babi ini.

Akhirnya saya ingin berbagi informasi ini dengan orang lain… so saya posting aja di blog (moga-moga ada yang liat dan bermanfaat)

Apa itu flu babi (swine flu)

Flu babi awalnya merupakan penyakit gangguan pernapasan yang di derita oleh babi yang disebabkan oleh virus influenza type A. dalam keadaan normal seharusnya manusia tidak tertular dengan flu babi ini. Namun pada kenyataannya manusia juga dapat tertular khususnya kepada mereka yang kontak langsung dengan hewan ini atau mereka yang tinggal di sekitar lingkungan hewan babi yang telah tertular flu babi itu sendiri.

Apa yang menyebabkan sehingga flu babi ini dapat menular kepada manusia? bahkan telah dapat menyebar antara manusia dan manusia?

Para ahli kesehatan sementara ini belum mengetahui dengan pasti mengapa hal tersebut dapat terjadi namun dugaan sementara para ahli mengatakan bahwa firus babi ini telah bermutasi gen. Jadi flu babi yg di derita oleh manusia sekarang ini bukanlah flu babi yang biasa di derita oleh babi, tapi telah merupakan kolaborasi atau gabungan data gen antara flu burung, flu manusia dan flu babi sehingga menghasilkan jenis virus flu baru yang disebut A H1N1. adapum keistimewaan dari virus A H1N1 ini sehingga menakutkan para petinggi dalam dunia kesehatan adalah cara penularannya, dimana manusia sangat mudah terjangkiti oleh virus ini seperti layaknya flu bisa yang di derita oleh manusia.sedangkan vaksin untuk virus ini belum ada (sementara ini masih dalam pengembangan) sehingga diyakini jika tidak segera di tangani maka kemungkinan besar akan menjadi pandemic.

Apakah ada obat untuk penyakit ini?

Berdasarkan rekomendasi dari CDC (Center for Disease Control and Prevention) Amerika. Untuk mencegah perkembangan virus di dalam tubuh sebaiknya meminum oseltamivir/tami flu atau zanamivir (dapat berupa pil, sirup ataupun inhaler) dan untuk mencegah komplikasi serius dari flu ini, sebaiknya obat tersebut segera diminum bila telah merasakan gejala dari A H1N1 ini.

Tanda-tanda atau gejala dari A H1N1
Pada anak-anak
1. napas menjadi cepat atau kesulitan dalam bernapas
2. warna kulit kebiru-biruan
3. kekurangan cairan
4. badannya sangat lemas
5. lekas marah
6. gejala flu terlihat seakan-akan seperti akan membaik tetapi ternyata sebaliknya, demam dan batuknya menjadi lebih parah..

pada orang dewasa
1. kesulitan dalam bernapas atau napas menjadi pendek
2. rasa sakit atau seperti ada tekanan pada leher dan di daerah perut
3. tiba-tiba merasa pusing
4. merasa bingung.

Hal-hal yang perlu dilakukan agar terhindar dari penyakit ini

Walaupun sampai dengan saat ini belum ada laporan kasus flu babi yang terjadi di Indonesia ada baiknya kita mulai siaga terhadap penyakit ini mengingat penularannya yang sangat mudah dan cepat. Hal-hal yang dapat kita lakukan untuk menghindari penyakit ini antara lain:

• Hindari kontak langsung dengan hewan babi tanpa alat pengaman kesehatan seperti kaos tangan, masker dll. Dan bersihkan tangan dan kaki anda setelah itu dengan sabun atau alcohol.
• Lakukan hal-hal yang biasa diperlukan untuk menghindari influenza dari orang lain. Misalnya selalu menggunakan saputangan atau tisu untuk menutup hidung dan mulut pada situasi tertentu yang dianggap perlu. Karena yang perlu kita ingat adalah cara penularan flu babi ini tidak ada bedanya dengan cara penularan pada flu biasa(flu manusia).
• Jangan menyentuh hidung maupun mulut dengan tangan sebelum mencucinya lebih dahulu dengan sabun atau alcohol.

0 komentar:

Posting Komentar

isi comment nya yah...apa aja deh...