Kamis, 21 Mei 2009

Si Pencipta Facebook


Ini nih pemuda paling ngetop di dunia maya saat ini, bagi pengguna internet pasti dah pada kenal...atau jangan-jangan masih ada yang belum kenal sama Mark Zuckerberg ya? padahal setiap hari make hasil karyanya dia yaitu Facebook!..hehe..

Nama lengkapnya Mark Elliot Zuckerberg kelahiran 14 mei 1984 di White Plains dan dibesarkan di Dobbs Fery, New York. Ayahnya seorang dokter gigi yang bernama Edward Zuckerberg dan ibunya adalah seorang psikiatris bernama Karen Zuckerberg.

Gimana ceritanya nih si Mark sampe bisa dinobatkan sebagai milyuner termuda sepanjang sejarah?..awal ceritanya dia emang sudah hobi dengan yang namanya program komputer...waktu masih di highschool saja dia da bisa bikin sebuah software pemutar MP3 yang unik (karena bisa mendeteksi perilaku dan kebiasaan mendengarkan musik penggunanya), bersama seorang temannya yang sekarang lagi jadi salah satu direktur di Facebook yaitu Adam D’Angelo.


Lulus High School Mark Zuckerberg masuk ke universitas Harvard, dia membuat sebuah program yang merupakan program pertama yang dibuatnya di tempat ini (asrama Harvard) bernama Coursematch dimana tujuan dari program ini adalah memungkinkan penggunanya yaitu mahasiswa di kelas yang sama dapat melihat data-data teman sekelas mereka.

Proyek Mark selanjutnya adalah membuat facemash.com yaitu sebuah situs ratting yang menampilkan foto-foto mahasiswa Harvard dimana teman-teman mereka bisa memberi stempel Hot or not (“keren atau jelek” ) pada foto-foto mahasiswa lainnya. Situs tersebut sempat online selama empat jam sebelum pihak administrasi Universitas Harvard mencabut akses internet Mark Zuckerberg dan menuduh Mark melanggar peraturan privasi internet dan hak kepemilikan intelektual.

Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 15 Februari 2004 dari ruang asramanya di Harvard, Mark di bantu oleh temannya yang bernama Andre McCollum. Ternyata Facebook mendapat respon yang positif dari para mahasiswa Harvard, Selama dua minggu pertama saja 2/3 dari mahasiswa Harvard sudah menjadi anggota Facebook ini. Akhirnya Mark Zuckerberg yang dibantu oleh teman sekamarnya yaitu; Dustin Moskovits dan Crish Hughes menyebarkan Facebook di Stanford University, Columbia University dan Yale University kemudian ke ivy league collage lainnya. Pada awal musim panas Facebook telah diluncurkan ke 55 perguruan tinggi.

Singkat kata singkat cerita pada tahun 2008 pengguna Facebook telah mencapai 60 juta orang di seluruh dunia, pegawai Facebook sendiri berjumlah 400 orang.

Ada yang unik dari perusahaan ini yaitu para executive dan petingginya masih berusia muda yaitu 24-37 tahun. Kantor pusat Facebook sendiri kabarnya juga lebih mirip asrama mahasiswa daripada sebuah kantor, dimana para pegawainya berpakaian bebas seperti celana pendek dan sendal jepit yang merupakan kostum favorit mereka dan sembari ngantor bisa melakukan aktivitas favorit mereka yang lainnya seperti bermain gitar, bermain pesawat kontrol,bersepeda dll. waah....mau dong gabung! Hehehe
Meski jumlah kekayaannya sudah mencapai US$ 3 miliar atau sekitar 27,9 trilliun Mark Zuckerberg masih nyantai aja gayanya seperti pemuda kebanyakan. Dia tinggal di apertemen tipe studio dengan perabotan seadanya, kasurnya diletakkan begitu saja di lantai.

2 komentar:

Evyta Ar mengatakan...

kita kapan nyusul si Mark jadi jutawan online? :D

J a L u H mengatakan...

evyta thx..kapan yah?:D klo evyta kan udah..please keep be my teacher yaa..

Posting Komentar

isi comment nya yah...apa aja deh...