Selasa, 26 Mei 2009

Kenali Ikan Segar di Pasaran


Mungkin hampir semua orang kini telah mengetahui manfaat dari mengkonsumsi ikan, baik itu ikan laut maupun ikan air tawar. Habitat ikan mempengaruhi kandungan zat gizi dari ikan itu sendiri, ikan air tawar kaya akan karbohidrat dan protein sedangkan ikan laut kaya akan kandungan lemak, vitamin dan mineral. Hal yang paling menakjubkan dari ikan adalah asam lemak omega 3 nya yang diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah terjadinya penggumpalan keping-keping darah pada pembuluh darah arteri, mengurangi resiko penyakit diabetes, mengurangi resiko kangker, memperkuat kinerja otot jantung, baik untuk kesehatan kulit dan nutrisi yang sangat baik untuk otak (dapat meningkatkan kecerdasan bila diberikan sejak dini). Hal-hal tersebut hanya sebagian saja dari manfaat mengkonsumsi ikan, masih banyak manfaat-manfaat lainnya, kalau mau tahu lebih dalam soal khasiat dari si ikan silahkan bertanya kepada mbah google.

Untuk mendapatkan nilai gizi yang maksimal dari ikan tentunya yang harus kita perhatikan adalah cara memasaknya dan pilihlah ikan yang masih segar atau baru. Untuk cara memasak ikan yang paling baik agar jumlah omega 3 yang hilang minim (omega 3 dapat hilang/lepas karena pemanasan) adalah dengan dimasak, dan dibakar. Memanaskan ikan di dalam mocrowave juga dianjurkan karena omega 3 yang hilang atau rusak relatif sedikit, lain halnya bila di goreng ikan beresiko kehilangan banyak komposisi nutriennya yang sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi jantung. Oh ya jangan memakan ikan tanpa dipanaskan atau diberi zat tertentu yah...hal tersebut dimaksudkan untuk membunuh bakteri yang melekat pada kulit ikan... kecuali anda adalah seekor burung camar hehe...


Memilih ikan yang masih segar atau baru dari tangan pedang juga merupakan hal utama yang perlu mendapatkan perhatian, karena ikan yang sudah terlalu lama disimpan dalam es rasanya tidak enak lagi selain itu resiko keracunan ikan juga besar, bahkan kadangkala di beri pengawet agar ikan tampak lebih segar. Untuk menghindari hal itu kita harus mengetahui ciri-ciri fisik dan bau dari ikan yang masih baik dan layak untuk dikonsumsi, agar tidak terkecoh dalam memilih ikan dari pedagang baik itu di pasar trdisional, pedagang ikan keliling maupun di supermarket.

Ciri ikan yang masih baik
1. matanya masih bening, terang, menonjol dan cembung
2. insang masih berwarna merah segar dan tidak pucat
3. bila insang ikan diraba lendir pada insang berwarna bening. Bila lendir pada insang berwarna merah artinya insang telah diberi pewarna agar tampak merah segar.
4. lendir pada tubuh ikan cemerlang, homogen dan transparan. Sedangkan pada ikan yang tidak segar agak mengering dan berwarna seperti susu.
5. sisik pada ikan segar melekat kuat, mengkilap, dan tertutup lendir jernih serta belum banyak kehilangan sisiknya.
6. baunya masih berbau segar.
7. dagingnya masih kenyal, bila dagingnya ditekan maka teksturnya akan cepat kembali. Bila lembek artinya ikan sudah busuk, bila daging ikan terasa keras itu berarti telah diberi formalin.

Jangan memakan ikan yang belum dikenal sebagai ikan yang layak di konsumsi, karena ada juga jenis ikan yang tidak cocok di konsumsi oleh manusia yaitu jenis ikan yang mampu memetabolisme logam-logam berat.

Makan ikan sebaiknya dua kali seminggu. Mari makan ikan!!
Semoga bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar

isi comment nya yah...apa aja deh...