Jumat, 22 Mei 2009

Cara Menyimpan Obat di Rumah


Seringkali kita tidak memperhatikan atau mengabaikan cara menyimpan obat yang baik di rumah hal ini dapat mengakibatkan obat menjadi rusak sehingga khasiat obat menurun bahkan bisa jadi malah menimbulkan keracunan obat ketika kita meminumnya dikemudian hari, karena obat telah terkontaminasi dengan udara ataupun zat lainnya yang akhirnya dapat merubah struktur kimia dari obat itu sendiri. Bagaimanakah sebaiknya kita menyimpan obat-obatan kita dengan aman di rumah?

Berikut langkah-langkahnya:
• Untuk obat berbentuk tablet sebaiknya dimasukkan ke dalam botol/toples yang tertutup rapat kemudian botol/toples itu kita simpan di dalam lemari atau di tempat yang bersuhu kamar (27o) jangan di simpan di dalam kulkas ya...karena jika disimpan di kulkas obat tablet akan rusak.

• Untuk obat kita berbentuk blister (streap) harus dijaga keutuhannya jangan sampai robek dan terkena angin.

• Untuk obat berbentuk kapsul sebaiknya di simpan di dalam kulkas.

• Untuk obat berbentuk Suspensi, dan telah dicampur dengan air simpanlah ke dalam kulkas, lama waktu maksimal obat yang di simpan adalah 2 minggu jika telah lewat dari masa tersebut obat jangan digunakan lagi.

• Untuk obat berbentuk sirup, simpan saja di tempat yang aman dan terlindung dari sinar matahari.

Yang perlu diperhatikan juga bahwa sebaiknya kita menghindari meletakkan obat-obatan kita di atas peralatan elektronik, biasanya secara tidak sadar kita melakukan hal itu padahal kebanyakan alat elektronik memiliki suhu yang tinggi...smoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

isi comment nya yah...apa aja deh...