Rabu, 10 Juni 2009

Check - up Gigi

Kenapa orang dulu giginya rata-rata bagus dan kuat? Ternyata itu karena mereka rajin mengunyah daging yang liat, sayuran, umbi-umbian padat, semua makanan dikunyah dulu sebelum ditelan. Karena rajin mengunyah kondisi gigi jadi terjaga kebersihannya. Kok bisa? Karena rajin mengunyah = menyikat gigi, bikin rahang berkembang sempurna dan gigi bungsu tumbuh tanpa masalah.

Sekarang masalahnya banyak orang yang malas mengunyah. Makan daging steak nggak empuk, ogah dikunyah. Sayuran keras sedikit, main telan aja. Karena malas mengunyah gigi jadi kurang bersih. Sehingga muncul “plak” yang akhirnya membentuk karang gigi. Pembentukan rahang kurang berkembang, akibatnya tempat untuk gigi bungsu tumbuh sempit. Karena susah tumbuh, gigi bungsu Cuma bikin sakit yang nggak asik banget. Terpaksa deh harus dioperasi ! padahal semestinya bisa dihindari hanya dengan mengunyah makanan.


Ada lagi masalah BM alias bau mulut. Bisa terjadi karena ada gigi busuk, atau akibat pola menyikat gigi yang salah. Yang mestinya bangun tidur >> sarapan >> sikat gigi, terbalik menjadi bangun tidur >> sikat gigi >> sarapan. Sehingga saat berangkat beraktivitas, gigi dan mulut dalam keadaan kotor. Makanan yang tersisa di sela-sela gigi bila “ketemu” dengan kuman di mulut akan bereaksi menimbulkan gas yang bau.

Problem lain yang sering kita hadapi adalah gigi berwarna kuning. Penyebabnya bermacam-macam, karena dentin ( lapisan di sebelah dalam gigi, warnanya kuning) yang tebal, karena terlalu sering minum kopi, teh atau merokok, atau akibat waktu kecil sering minum obat anti biotik tetrasiklin yang efeknya bikin warna gigi “keruh”.
Supaya gigi tetap kuat dan sehat, perawatan gigi perlu banget. Jangan males dan takut ke dokter gigi.

Tahapan check-up gigi:
  • Ngecek keadaan wajah kalau-kalau ada bagian yang bengkak.
  • Periksa keadaan gigi satu persatu, mana tahu ada yang berlubang.
  • Ngecek keadaan sela-sela gigi untuk ngelihat kemungkinan adanya sisa makanan yang menumpuk.
  • Periksa bentuk gigi kalau-kalau tidak simetris.
Kalau semua beres, ya nggak ada masalah tapi bila ditemui “kelainan”, dokter gigi akan segera mengatur pengobatan selanjutnya.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan agar gigi selalu sehat:
  • Sebaiknya berkumur pakai obat kumur pembersih kuman setiap kali habis sikat gigi. Karena di dalam mulut selalu ada kuman.
  • Jangan biarkan makanan melekat di gigi. Misalnya, sehabis menyantap es krim, segera kumur dengan air putih buat menetralkan permukaan gigi.
  • Jangan makan 2 atau lebih jenis makanan yang terlalu ekstrim beda suhunya, seperti makan kuah bakso yang panas disambung minum jus dingin. Karena bisa bikin gigi mudah rusak.
  • Periksa gigi secara rutin paling tidak 6 bulan sekali.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

isi comment nya yah...apa aja deh...