Rabu, 17 Juni 2009

Melupakan Rokok


Pada postingan sebelumnya saya menulis tentang cara berhenti merokok, dan ada kalanya niat dan tekad kita dikalahkan oleh sugesti untuk merokok kembali. Untuk itu kali ini saya memposting trik-trik yang mungkin bisa membantu menghindari bahkan membenci rokok (hehe) sehingga kita enggan untuk bersentuhan lagi dengan rokok.
:astig:
Ok langsung aja...

jika karena kecanduan maka tips yang harus dilakukan adalah:
1. pikirkanlah hal-hal yang menyenangkan yang akan terjadi pada tubuh ketika masa krisis
karena berhentinya anda merokok (biasanya 1,5 sampai 2 minggu).

2. minumlah banyak air putih, makan banyak sayur dan buah-buahan setiap kali timbul keinginan untuk merokok.

3. berbicara atau berkomunikasilah dengan orang lain dan tetaplah menyibukkan diri.

4. berolahraga yang menyenangkan dan disukai, secara teratur dan terukur.

5. pijatlah daerah punggung dan leher, lalu tariklah napas dalam-dalam.

Jika karena ketergantungan, maka putuskanlah semua hubungan antara rokok dan kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan dengan cara-cara berikut ini :
  • Jika ingin merasakan rokok ditangan, bermainlah dengan barang-barang lain seperti pensil, pena, atau membaca buku.
  • Jika ada keinginan untuk menyalakan rokok, jauhkan rokok dari jangkauan dan buanglah korek api.
  • Jika biasa merokok sesudah makan, segeralah bangkit dari duduk setelah makan, gosok gigi dan pergilah berjalan jalan atau lakukan kegiatan yang membuat lupa pada rokok.
  • Jika merokok biasanya disertai dengan minum kopi maka gantilah kopi dengan jus buah dll.
  • Jika merokok untuk menenangkan diri, maka cobalah untuk mengingat bahaya merokok dapat mengakibatkan penyakit jantung, paru-paru, kanker, stroke, keguguran dll.

Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan:
  • Tanyalah pada diri sendiri, apakah ada teman, saudara atau tetangga yang menderita salah satu penyakit di atas. Bayangkan jika penyakit tersebut menyerang diri kita sendiri.
  • Jika keinginan untuk merokok sangat kuat, lakukanlah olahraga ringan seperti berjalan-jalan atau lakukan kegiatan yang menjadi kegemaran anda atau hobi anda.
  • Jika berikir bahwa rokok dapat membuat kita menjadi tenang atau nyaman, maka katakanlah dan akuilah secara jujur bahwa rokok tidak mungkin bisa mengatasi masalah yang ada.
  • Untuk mengatasi hal ini, perlu melibatkan keluarga, teman dan saudara untuk membantu mengalihkan perhatian dari rokok.
  • Jika ingin berhenti merokok harus menetapkan tindakan apa yang akan dipilih atau perilaku apa yang paling mudah diubah berkaitan dengan situasi merokok.
  • Buatalah pernyataan untuk berhenti merokok, kemudian bacalah pernyataan tentang niat berhenti merokok di depan teman atau saudara atau keluarga yang akan menjadi pengingat agar keinginan berhenti merokok dapat tercapai.

:lamagawa:
Semoga memberi manfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

isi comment nya yah...apa aja deh...